BeritaBidang Perencanaan & Pengendalian Program

Penyerahan Rancangan Akhir RPJMD Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2019-2024

Penyerahan  dokumen Rancangan Akhir  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2019-2024 telah dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Polewali Mandar, hari selasa tanggal 21 Mei 2019. Kegiatan ini di hadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Polewali Mandar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua dan Wakil Ketua DPRD beserta Anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar, Staf Ahli Bupati Dan Para Asisten Sekda, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dan lembaga Pers, LSM dan beberapa undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Polewali Mandar H. Andi Ibrahim Masdar  menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan  yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap Anggota Dewan yang terhormat, dimana dalam waktu yang cukup singkat dapat mengagendakan Rapat Paripurna hari ini dalam rangka penyerahan Ranperda RPJMD Kabupaten Polewali Mandar tahun 2019–2024. tentunya ini semua merupakan komitmen bersama antara eksekutif dan legislatif untuk terus mengembangkan kemitraan demi kemaslahatan masyarakat Kabupaten Polewali Mandar. “

Berdasarkan Ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 RPJMD ditetapkan dengan peraturan daerah paling lambat 6 (enam) bulan setelah kepala Daerah dilantik. Sehingga pada kesempatan ini kami berharap RPJMD Kabupaten Polewali Mandar dapat ditetapkan melalui peraturan daerah sebelum tanggal 8 juli 2019. Keberadaan RPJMD akan menjadi pedoman kerja bagi Bupati dan Wakil Bupati terpilih beserta perangkatnya dalam melaksanakan tugas-tugasnya selama 5 (lima) tahun ke depan. selain itu RPJMD akan digunakan sebagai tolok ukur Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam menilai pertanggungjawaban Kepala Daerah pada setiap akhir tahun anggaran dan pada akhir masa jabatan. RPJMD memuat visi, misi, dan program Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang selanjutnya dijabarkan ke dalam tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah serta program perangkat daerah.

lebih lanjut Bupati yang terpilih untuk dua periode ini menyampaikan dokumen rancangan akhir RPJMD Kabupaten Polewali Mandar tahun 2019–2024 yang kami serahkan hari ini, telah melalui proses yang cukup panjang yaitu melalui beberapa tahapan, adapun tahapan yang telah dilakukan tersebut meliputi:

1)    Persiapan  penyusunan  RPJMD, yang dimulai sejak Bupati Dan Wakil Bupati  Polewali Mandar Periode 2019–2024 dilantik pada 8 Januari 2019;

2)      Penyusunan Rancangan Awal RPJMD;

3)   Pelaksanaan Konsultasi Publik dengan Seluruh Perangkat Daerah dan Para  Pemangku Kepentingan;

4)      Penyusunan   Rancangan   RPJMD;

5)      Pelaksanaan   Musrenbang   RPJMD; Dan

6)      Perumusan Rancangan Akhir RPJMD.

Dari aspek substansi materi yang terkandung Dalam Rancangan Akhir RPJMD Ini, dapat disampaikan secara garis besar sebagai berikut :

Pertama : Perumusan Isu-Isu Strategis

  1. Kemiskinan
  2. Indeks Pembangunan Manusia (Ipm)

3.    Kontribusi Industri Pengolahan Terhadap PDRB

4.    Kerawanan Pangan

5.    Infrastruktur

  1. Kualitas Lingkungan Hidup
  2. Ketahanan Daerah Dalam Penanggulangan Bencana
  3. Reformasi Birokrasi

9.    Indeks Kepuasan Masyarakat

Kedua : Penyajian Visi Dan Misi

Visi Dan Misi sebagai target utama pencapaian program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah secara holistik dan terintegrasi, yaitu :

“Polewali Mandar Maju, Rakyat Sejahtera”

Yang dijabarkan dalam 4 (Empat) Misi Pembangunan, yaitu:

  1. Mewujudkan Taraf Hidup Masyarakat yang Lebih Baik dan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Dan Religius
  2. Memperkuat Kemandirian Ekonomi Berbasis Potensi Unggulan Wilayah
  3. Mengembangkan Infrastruktur Berkualitas yang Terintegrasi Serta Berwawasan Lingkungan

4.      Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern

Ketiga : Perumusan Tujuan Dan Sasaran Pembangunan Daerah, Strategi, Arah Kebijakan Dan Program Pembangunan Daerah

Visi Dan Misi yang Telah Ditetapkan Selanjutnya dijabarkan ke Dalam 8 (Delapan) Tujuan, 16 (Enam Belas) Sasaran Pembangunan Daerah, 16 (Enam Belas) Strategi, 62 (Enam Puluh Dua) Arah Kebijakan, Dan 92 (Sembilan Puluh Dua) Program Pembangunan Daerah.

Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar menambahkan “ untuk dapat membahas dan mengkaji Rancangan Peraturan Daerah RPJMD Ini Secara Objektif, Rasional Dan Proporsional Untuk  Kemudian  Ditetapkan  Menjadi  Peraturan  Daerah, Semoga Kita Semua Senantiasa Mendapat Rahmat Serta Kekuatan Dari Allah Subhana Wata’ala Untuk dapat bersama-sama bekerja lebih keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas dalam melaksanakan pembangunan yang merata dan berkeadilan menuju Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera.”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *